Kiat kiat berbelanja online aman di situs luar negeri

Pada saat ini zaman telah berubah maju dan tanpa batas, seperti teknologi dunia maya yang bisa di gunakan untuk interaksi, informasi, bisnis, advertising, marketing, dll. Salah satu nya anda bisa melakukan transaksi belanja secara online. Tidak membutuhkan banyak waktu, tinggal lihat-lihat, klik beli, dan bayar secara transfer, maka barang akan datang ke tempat tinggal Anda.

Kebiasaan berbelanja online tidak hanya dalam lingkup nasional, namun sudah pada lingkup internasional / luar negeri. Kemudahan mendapatkan barang yang tidak dijual di Indonesia memang seringkali menjadi godaan terbesar. Meski pun begitu, Anda tetap harus berhati-hati ketika melakukan transaksi.

Hal ini dikarenakan modus-modus penipuan belanja online situs luar negeri semakin marak dan beragam. Anda yang menjadi korban pun terkadang tidak merasakan kalau sedang ditipu. Apalagi untuk anda yang terbiasa melakukan transaksi online mengunakan kartu kredit.

Jelas ada perbedaan yang mencolok ketika Anda memutuskan untuk berbelanja di luar negeri dibandingkan berbelanja di tanah air. Namun, intinya tetap sama. Ketika berbelanja melalui situs online, maka ada beberapa ketentuan global yang patut Anda ingat. Yaitu, waspada sebelum membeli.
Oleh sebab itu, Ada baiknya anda ikuti tutorial bagaimana berbelanja online yang aman, yaitu, seperti dikutip Cermati.com. 

Situs Terpercaya
Sebelum memutuskan membeli barang, pastikan dan periksa terlebih dahulu situs penjual. Pilih dan lakukan transaksi di situs yang memang sudah terpercaya. Perbanyak waktu Anda membaca komen tentang pengiriman barang ke luar negeri yang ada di situs. Hal ini sebagai salah satu prasyarat menentukan situs dengan reputasi yang baik.
Berbelanja pada situs yang terpercaya merupakan satu cara untuk mencegah adanya penipuan. Ada banyak sekali modus penipuan. Terutama di era digital seperti ini. Sebelum Anda menjadi korban, lebih baik Anda cermat terlebih dahulu pada saat membeli.

Baca Terms and Conditions
Karena Anda akan berbelanja dengan skala internasional, maka ada baiknya untuk membaca terlebih dahulu bagian terms and conditions atau syarat dan ketentuan pengiriman barang. Jangan langsung mengirim uang begitu saja. Kebijakan situs mengenai pengiriman barang sangat penting ketika Anda berbelanja di situs luar negeri. Di mana, kebanyakan memiliki ketentuannya masing-masing. Apabila Anda tidak memperhatikan hal itu, bisa jadi Anda akan gigit jari. Uang sudah hilang, barang pun tak datang.
Selalu sempatkan untuk membaca dan memahami kolom terms and conditions pengiriman barang. Di dalam kolom ini, Anda bisa melihat penjelasan mengenai ongkos kirim, durasi pengiriman, hingga kebijakan apabila Anda tidak menerima barang atau sudah diterima namun rusak. Apabila Anda masih merasa ragu, jangan sungkan bertanya via e-mail atau menelpon situs tersebut.

Alat Pembayaran
Karena sifatnya global, maka alat pembayaran otomatis tidak sama dengan alat pembayaran yang biasa Anda gunakan ketika berbelanja di tanah air. Kebanyakan menggunakan kartu kredit dan PayPal. Selain itu, ada pula yang menyediakan pembayaran via Western Union.
Sebelum memilih mau menggunakan metode pembayaran, pahami kerugian dan kelebihan setiap jenis pembayaran. Selain itu, sebagai tambahan, ada baiknya Anda mengenal dan memahami modus penipuan yang sering terjadi di setiap jenis pembayaran. Hal ini bertujuan agar Anda lebih waspada dan berhati-hati ketika bertransaksi online. Laju perkembangan yang sangat kentara, terkadang membuat beberapa orang berkeinginan mendapatkan untung dengan mengambil jalan singkat.

Pajak di Bea Cukai
Ini dia yang sering membuat orang bingung. Penerima barang kiriman dari luar negeri bisa dipastikan akan menanggung resiko terkena cukai maupun bea masuk. Sebelum membayar, lebih baik Anda baca terlebih dahulu ketentuan pajak dari pihak Bea Cukai Indonesia. Apabila merasa bingung memahami alur atau ketentuan yang berlaku terkait pajak ini, Anda tutup saja laman pihak BEA dan Cukai Indonesia. Beralihlah ke media sosial dan tanyakan perihal pajak kepada beberapa orang yang sering berbelanja di luar negeri.
Biasanya, kiriman dari luar negeri dengan harga kurang dari USD 50 masih bebas bea masuk. Apabila melebihi itu, maka akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan (PPh), atau Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Penghitungan pajak dan bea masuk masing-masing barang tergantung harga paket dan ongkos kirim paket tersebut. Meskipun begitu, Anda tetap akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp3 ribu oleh PT POS Indonesia.


Hati-Hati Sebelum Membeli
Seperti yang sudah disebutkan di awal, pada prinsipnya, risiko dalam berbelanja online di situs luar negeri sama saja dengan belanja di toko online Indonesia. Karena itu, satu hal yang mesti diperhatikan adalah jangan sampai asal membeli. Karena membeli barang dari toko online luar negeri akan memakan biaya yang besar.
(Sumber:okezone.com)



Catat Ulasan for "Kiat kiat berbelanja online aman di situs luar negeri"