Istilah-Istilah Teknik Fotografi

Menjadi seorang fotografer bukanlah profesi yang bisa dilakukan begitu saja. Untuk mendapat hasil jepretan yang ciamik, seseorang harus menguasai berbagai teknik mulai dari yang mudah hingga yang sulit. Bagi para fotografer, mereka sudah terbiasa dengan berbagai istilah teknik tersebut. Namun bagi mereka yang tidak familiar dengan ilmu fotografi, istilah bermacam-macam teknik menjadi sesuatu yang asing saat didengar. Oleh karena itu, mari berkenalan dengan istilah-istilah teknik fotografi berikut ini.
1. Zooming

Teknik fotografi pertama yang bisa kamu pelajari ini berfungsi untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah fokus lensa ketika exposure. Perubahan panjang fokus pada teknik zooming dapat dilakukan dengan lensa zoom seperti lensa 18-55.
2. Panning

Panning merupakan salah satu teknik fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan pada benda yang bergerak. Cara melakukan panning adalah dengan menggerakkan kamera searah dengan arah gerakan objek yang ingin dibidik sehingga objek akan tampak fokus, sementara background akan tampak kabur/blur.
3. Freezing

Teknik freezing adalah teknik memotret pada sebuah objek yang sedang bergerak seperti air, orang yang sedang berolahraga, dengan seolah-olah kita dapat menghentikan objek yang sedang bergerak tersebut. Atau teknik yang membekukan objek secara keseluruhan elemen yang ada di frame. Jika kamu yang ingin mencoba teknik ini, gunakan kecepatan/speed lensa yang tinggi.
4. Macro

Teknik fotografi macro dapat kamu gunakan jika ingin memotret detail objek yang spesifik. Saat melakukan teknik ini, kameramu harus sedekat mungkin dengan objek fotografi. Teknik ini biasa dilakukan ketika seorang fotografer ingin memotret objek-objek kecil seperti tetesan embun, serangga, atau kerikil.
5. Siluet

Kamu pernah melihat hasil foto yang memiliki objek gelap dengan background cahaya redup? Ya, foto tersebut dihasilkan dari teknik siluet. Teknik siluet memanfaatkan posisi backlight dari objek foto. Orang-orang sangat sering menggunakan teknik ini ketika senja karena foto yang dihasilkan terlihat eksotis.
Sudah paham teknik-teknik di atas? Mulai utak-atik kamera dan cari objek terbaikmu sekarang yuk!

Catat Ulasan for "Istilah-Istilah Teknik Fotografi"